Jumat, Desember 14, 2007

Tol Parung-Sawangan-Pasar Jumat

Parung-Sawangan-Pasar Jumat Masih Dikaji

DEPOK, KOMPAS--Pembangunan jalan tol Parung-Sawangan-Pasar Jumat sepanjang 18,4 kilometer yang diusulkan calon investor swasta PT Multi Eka Karma Jakarta ke Pemerintah Kota Depok, masih dikaji.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Ekonomi Bapeda Depok, Dadang Wihana, kepada Kompas, Selasa petang menjelaskan, paparan Direktur PT Multi Eka Karma Yusuf Effendi itu disampaikan di depan pejabat Bapeda, Dinas Tata Kota dan Bangunan, dan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Depok. "Investor sudah ke Badan Pengatur Jalan Tol Departemen Pekerjaan Umum. Oleh PU, mereka diminta datang ke pemkot dan pemkab yang wilayahnya akan dilalui tol," jelas Dadang.

"Kami masih mempelajari usulan investor swasta ini, dan mengkajinya dari aspek tata ruang, lingkungan, dan sosial, serta dampaknya bagi pembangunan Kota Depok," katanya. Rencana tol ini pernah diusulkan tahun 1997, tapi karena terjadi krisis ekonomi, tersendat dan baru dilanjutkan tahun 2006 ini.

Lintasi empat wilayah


Tol Parung-Sawangan-Pasar Jumat ini rencananya melintasi empat wilayah yaitu Jakarta Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, dan Kabupaten Bogor, dengan biaya investasi Rp 2,8 triliun sesuai studi kelayakan tahun 2004.

Menurut investor Multi Eka Karma, tol ini untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Gaplek, Ciputat dan Pasar Jumat. Setiap hari kerja, kepadatan lalu lintas terjadi di sekitar daerah tersebut.

Warga yang lewat Ciputat biasanya terjebak macet di Jalan RE Martadinata, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Ir Juanda. Sedangkan warga yang lewat Cireundeu bakal terjebak macet di Jalan Pondok Cabe Raya, Jalan Cireundeu Raya, Jalan Cinere-Lebak Bulus, dan Jalan Ciputat Raya.

Di Jaksel, tol ini akan melintasi daerah Pondok Pinang di Kebayoran Lama dan Lebak Bulus di Cilandak. Di Kabupaten Tangerang, akan melewati wilayah Cireundeu, Pisangan, Pondok Cabe Ilir dan Pondok Cabe Udik, semuanya di Kecamatan Ciputat. Di Kota Depok, tol ini akan melintasi daerah Cinangka, Kedaung, Serua, Bojongsari Baru dan Pondok Petir, semuanya di Kecamatan Sawangan, Sedangkan di Kabupaten Bogor, akan melewati wilayah Pemagarsari dan Parung di Kecamatan Parung.

Jika disetujui, tol Parung-Sawangan-Pasar Jumat ini akan melewati sejumlah permukiman yang tanah dan bangunannya harus dibebaskan. Yaitu Perumahan Cinangka Permai dan Bukit Pratama (Lebak Bulus, Jaksel), Pondok Hijau (Ciputat, Tangerang), Pondok Teknologi Telekomunikasi (Cipayung), Vila Pondok Cabe Raya, Taman Harmoni, Bumi Pelita Kencana, dan Taman Pondok Cabe, semuanya di Pondok Cabe, Ciputat.

Empat pintu tol yang direncanakan adalah di Cireundeu, Pondok Cabe, Cinangka dan Parung. (KSP)

www.kompas.com Rabu, 23 Agustus 2006